ANU PONOROGO. Powered by Blogger.

Feb 19, 2013

ARTIKEL BIDIK MISI 2013


 
Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan terus menambah kuota program Beasiswa Bantuan Pendidikan Mahasiswa Miskin dan Berprestasi (Bidikmisi). Jika tahun ini kuota Bidikmisi mencapai 90 ribu siswa, untuk 2013 akan ditambah menjadi 150 ribu siswa.
Bantuan yang diberikan dalam program ini terdiri atas Bantuan  biaya  hidup  yang  diserahkan  kepada  mahasiswa  sekurang-kurangnya  sebesar  Rp600.000,00  (enam  ratus  ribu  rupiah)  per  bulan  yang ditentukan berdasarkan Indeks Harga Kemahalan daerah lokasi PTN dan Bantuan  biaya  penyelenggaraan  pendidikan  yang  dikelola  PTN  sebanyak-banyaknya Rp2.400.000,00 (dua juta empat ratus ribu rupiah) per semester per  mahasiswa.
Ceritanya sekarang adalah jaman hebat, semua sudah serba digital. Begitu dengan SNMPTN   2013. Proses pendaftaran, penyeleksian, pengumuman semuanya dilakukan lewat akses internet. Semua ada di dunia maya. So, semua proses yang akan berlaku berikut ini semuanya dilakukan dalam dunia maya. Adapun jadwal yang diberikan sebagai berikut
Jadwal Bidikmisi 2013
  • Pendaftaran Sekolah dalam program Bidikmisi 2013 dilaksanakan mulai tanggal 12 Desember 2012 s/d Agustus 2013
  • Pendaftaran Siswa dalam program Bidikmisi 2013 uintuk SNMPTN PPA (d/h Undangan) direncanakan mulai tanggal 1 Januari 2013 s/d 6 Maret 2013
  • Pendaftaran untuk masing masing seleksi menunggu keputusan panitia.
Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:
Pengisian PDSS
17 Desember 2012 – 8 Februari 2013 dan selanjutnya diisikan secara berkala setiap akhir semester
Pendaftaran
1 Februari – 8 Maret 2013
Proses Seleksi
9 Maret – 27 Mei 2013
Pengumuman Hasil Seleksi
28 Mei 2013
Pendaftaran Ulang yang Lulus Seleksi
11-12 Juni 2013

Proses pendaftaran di SNMPTN Jalur Undangan 2013 ini diawali dengan pendaftaran sekolah di laman undangan.snmptn.ac.id. Di sana, sekolah mendaftarkan data sekolah secara lengkap, kemudian akan mendapatkan username dan password yang dapat digunakan untuk login. 
Setelah proses pendaftaran, sekolah dapat mengisi jumlah kelas XII dengan rombel yang ada di sekolah. Data ini nantinya akan digunakan untuk membuat template nilai raport. Nah, template nilai raport inilah yang nanti akan digunakan oleh pihak sekolah dalam mengisi nilai raport siswa kelas XII secara keseluruhan pada semester 3, 4 dan 5.
Setelah proses input nilai selesai dan diupload di website, maka secara otomatis website akan melakukan perhitungan dan menentukan siapa saja yang lulus dalam SNMPTN Jalur Undangan TAHAP AWAL ... Tahap awal ya, belum lulus secara beneran. 
Adapun perkiraan penghitungan siapa saja yang lulus di tahap awal akan ditentukan sebagai berikut :
@ Sekolah dengan Akreditasi A, 50% siswa terbaik masing-masing jurusan untuk level sekolah, yang memiliki prestasi peringkat konsisten pada semester 3, 4 dan 5.
@ Sekolah dengan Akreditasi B, 25% siswa terbaik masing-masing jurusan untuk level sekolah, yang memiliki prestasi peringkat konsisten pada semester 3, 4 dan 5.

            Setelah iini siswa yang direkomendasikan untuk bidik misi akan mendapat pasword  dari kepala sekolah atau TU sebagai login  siswa diportal / laman  SNMPTN. Di Portal ini  kita hanya mengisi pemilihan PTN dan Jurusan yang akan dipilih dan juga prestasi-prestasi yang pernah diraih baik prestasi ekstra maupun intrascool nantinya sedangkan di Portal Bidik Misi kita melengkapi persyaratan Bidik Misi . Adapun persyaratan untuk mendaftar tahun 2013 adalah sebagai berikut:
1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2013;
2. Lulusan tahun 2012 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi;
3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun;
4. Tidak mampu secara ekonomi sebagai berikut:
  1. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) sebesar-besarnya Rp3.000.000,00 per bulan. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh. Untuk pekerjaan non formal/informal pendapatan yang dimaksud adalah rata rata penghasilan per bulan dalam satu tahun terakhir.
  2. Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp750.000,00 setiap bulannya;
5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4.
6. Berpotensi akademik baik, yaitu direkomendasikan sekolah.
7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:
a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
  1. Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);
  2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN);
  3. Seleksi mandiri di 1 (satu) PTN atau
  4. PTS dengan pilihan seleksi masuk di 1 (satu) PTS.
Setelah semua data diatas selesai sekarang tinggal menunggu pengumumanya diterima atau tidak. Mudah-mudahan seluruh pendaftar Bidik Misi dari SMK Muhammadiyah 2 Ponorogo diterima. Amin artikel ini juga bisa didapat di blog saya: http://galleryanu.blogspot.com atau http://elangbumijawa.blogspot.com dan juga di http://puspita.blogspot.com

 mohon maaf bila terjadi kesalahan

0 comments:

Post a Comment

sangat berterimakasih jika anda mau berkomentar dengan sopan

BERLANGGANAN ARTIKEL

masukkan email anda:

gallery anu

GALLERY ANU

galerry anu

COBA INI

Popular Posts

 

laen laen

>>>
<<<
[Pasang Widget] | [tutup]

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Add to Google Reader or Homepage