Cara pemasaran atau strategi
marketing bagi setiap perusahaan dan individu marketer berbeda satu sama
lainnya. Jenis barang yang dijual juga sangat menentukan cara mengatur
strategi marketing yang dirancang untuk menaklukkan pasar, merebut hati
konsumen, eksekuasi penjualan yang tepat dan menguasai pasar yang kita
tahu, sangat ketat persaingannya, dengan cara cerdas dan tepat sasaran.
Namun banyak iklan yang hasilnya
jauh dari harapan, bahkan dapat dikatakan hanya merupakan pemborosan
uang dan sangat tidak efektif. Lihatlah disekiling kita, maka kita akan
mendapati iklan dimana-mana. Tetapi berapa banyak yang akan membuat kita
tertarik untuk menoleh dan memperhatikannya, tak semua kan, walaupun
iklan tersebut kelihatan bagus. Iklan-iklan tersebut mungkin tidak
memnhi syarat untuk :
• Menarik perhatian target marketnya
• Memberikan informasi yang cukup agar mempermudah pengambilan keputusan
• Meminimalisir resiko dalam mengambil langkah selanjutnya dalam sebuah proses penjualan.
Ini beberapa TIPS CERDAS Strategi Merketing yang mungkin perlu kita perhatikan:
1. Ambil Perhatian Masyarakat
Raihlah
perhatian masyarakat dengan membuat iklan yang akan melibatkan emosi
target market kita. Tergantung dari produk atau jasa yang kita tawarkan,
dan juga target market kita, maka headline kita harus menjanjikan satu
dari dua hal yaitu janjikan untuk menyelesaikan problem mereka, atau
janjikan untuk membawa mereka pada kesenangan yang akan tercipta.
Berpikirlah tentang target market kita, apa yang ada di benak mereka?
Apakah mereka akan berfikir lebih condong untuk bertindak agar mereka
mendapatkan kesenangan yang lebih. Atau agar masalah yang mereka sedang
hadapi dapat terpecahkan dengan apa yang kita tawarkan.
2. Goyahkan Keyakinan Mereka, Tanpa Mengguncang Prinsip yang Mereka Anut
Kita
telah meraih perhatian dari mereka, calon pembeli dan pelanggan kita.
Untuk menjaga agar mereka tetap memberikan perhatian penuh pada strategi
marketing tools yang kita tawarkan, mereka perlu untuk menanyakan hal
berikut :
• Apakah jasa dan produk terbaik telah mereka dapatkan dari uang yang telah mereka keluarkan selama ini ?
• Apakah tindakan mereka telah cukup untuk mewujudkan harapan mereka ?
• Apakah mereka telah melakukan yang terbaik yang mereka bisa ?
Karena dari pertanyaan di atas, mereka akan mengerti, kenapa kita datang.
3. Buatlah Mereka yakin pada Kita
Setelah
kita guncangkan keyakinan mereka terhadap apa yang mereka lakukan saat
ini, kita perlu menambah keyakinan mereka terhadap apa yang kita
katakan. Buat mereka mabuk kepayang dengan kata kata manis, namu tidak
menipu. Sebenarnya apa yang kita tawarkan sama sederahanya dengan yang
lain, namun jika kalimat yang kita ucap terdengar indah, mereka akan
yakin dengan apa yang aka mereka dapatkan. Namu kita harus membuktikan
segera, bahwa kita punya solusi terhadap masalah mereka. Dan kita mampu
merealisasikan solusi itu. Kita harus meyakinkan bahwa kita memang cakap
di bidang kita, dan mempunyai kualifikasi untuk memecahkan masalah
mereka. Tentun dengan banyak bukti dokumentasi dari klien klien yang
pernah kita tangani.
4. Buat Mereka Kagum dengan Sistem Pelayanan Kita
kita
mungkin yang terbaik, atau mempunyai produk unggulan, repon cepat,
bertanggungjawab. Tetapi bila pelanggan tidak dapat menghubungi kita
saat mereka memerlukan masukan atau bantuan, apakah kita masih mempunyai
nilai harapan untuk meraih hati mereka. Untuk itu kita harus sebisa
mungkin memberikan pelayanan ekstra, kalau perlu 24 jam servis. Intinya,
memberikan pelayanan yang lebih daripada yang umum dilakukan, akan
memberikan keuntungan yang besar bagi kita pada akhirnya.
5. Menghadapi Penolakan
Di
dalam bisnis apapun anda, selalu akan ada penolakkan untuk produk yang
kita tawarkan. Penolakkan yang paling umum biasanya mengenai harga. Kita
harus bisa menghadapinya dengan menjelaskan mengapa wajar bagi mereka
untuk membayar harga yang kita minta. Dengan fasilitas yang akan mereka
peroleh dan berbagai pelayanan kita yang akan membuat mereka nyaman,
termasuk dalam masalah harga.
6. Berikan Garansi dari Produk yang Kita Tawarkan
Kebanyakan
orang mengasosiasikan jenis dan lama garansi dengan kualitas produk.
Hal ini dapat menghasilkan atau menggagalkan penjualan. Semakin lama
garansi kita tawarkan, semakin besar kemungkinan terjadinya penjualan.
Garansi juga menunjukkan bahwa kita benar benar serius dan produk yang
kita tawrkan adalah benar benar berkualitas.
7. Manfaatkan Testimoni dari Klien Kita
dengan
testimoni dari para klien kita, kita akan dapat feedback yang baik.
Karena testimoni adalah bukti dari kompetensi kita dalam hal ini. Apa
yang orang lain katakan tentang kita, mempunyai nilai yang jauh lebih
tinggi daripada apa yang kita katakan tentang anda sendiri. Pastikan itu
obyektif dan berkaitan dengan masalah yang pelanggan anda hadapi dan
bagaimana mereka meraih benefit dari produk atau jasa kita.
8. Bonus
kita
tawarkan special bonus atau diskon bagi mereka yang membeli saat itu
juga. Jangan biarkan pelanggan lari. Pelanggan anda akan memperoleh
keuntungan dengan mendapat value yang biasanya tidak mereka dapat. Anda
harus fokus mengenai value yang mereka dapat untuk uang yang mereka
keluarkan. Jika mereka mendapatkan value yang lebih besar dari harga
yang harus dibayar, maka anda telah memperbesar kemungkinan terjadinya
penjualan.
Seperti yang kita lihat,
mendesain sebuah sistem strategi marketing yang efektif membutuhkan
persiapan yang memadai. Jika kita memperhatikan keseimbangan dari poin
poin di atas, maka saya yakin kita akan mendapatkan respons yang lebih
baik dan secara otomatis akan meningkatkan penjualan kita. Seberapa
tinggi respons yang kita dapat, tergantung dari seberapa pintar kita
mengaplikasikan poin di atas di dalam marketing kita.
8 langkah menguasai setrategi pasar
0 comments:
Post a Comment
sangat berterimakasih jika anda mau berkomentar dengan sopan