ANU PONOROGO. Powered by Blogger.

Dec 9, 2012

pengertian puisi dan contoh puisi lama

pengertian puisi  merupakan bentuk karya sastra yang terikat oleh lirik dan bait. puisi menggunakan pilihan kata yang indah, singkat, padat dan menggungkapkan isi hati pembuat

puisi dibedakan menjadi 2 yaitu puisi lam dan  puisi baru / modern. puisi lama contohnya syair, pantun, seloka, talibun, karmina, mantra, bidal dan gurindam.

contoh puisi

wayang
telah berkali-kali kulihat
beragam wayang seluruh tanah air
semua dikotak tergeletak
jika tidak dimainkan dalang kelir

kita pun wayang perpijak dibumi
]diri kotak goib beranjak kelayar
sekali waktu kembali kekotak goib
menurut sang dalang mahabesar

kenapa saya menulis artikel ini karena saya pas semesteran dan jadawal besok bahasa indonesia. belajar ok susah banget. saya teringat kata-kata menyelam sekalian minum air, nah itu saya gunakan belajar biar mudah diingat kata nya nulis ulang makanya saya tulis ulang sambil posting hehehehe. semoga bermanfaat kawan
sumber puisi : biarkan angin itu, piek ardijanto soeprijadi, grasindo, jakarta, 1996
sumber artikel: modul bahasa indonesia smk/mk 3 ktsp 2006

0 comments:

Post a Comment

sangat berterimakasih jika anda mau berkomentar dengan sopan

BERLANGGANAN ARTIKEL

masukkan email anda:

gallery anu

GALLERY ANU

galerry anu

COBA INI

Popular Posts

 

laen laen

>>>
<<<
[Pasang Widget] | [tutup]

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Add to Google Reader or Homepage