ANU PONOROGO. Powered by Blogger.

Aug 7, 2012

contoh LKM laporan kerja mandiri

(logo)
UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA
PADA "?”
LAPORAN KERJA MANDIRI
(LKM)
Oleh:
?
?
FAKULTAS ?
-
2011
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim.
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala rahmat, inayah serta hidayah-Nya, sehingga atas ridho-Nya dan segala kemampuan serta kesungguhan hati, maka terselesaikanlah penyusunan Laporan Kerja Mandiri ini dengan judul “ Upaya Untuk Mengembangkan Usaha Pada UD. “ ? ” Ponorogo.
Adapun maksud dari penyusunan Laporan Kerja Mandiri ini merupakan tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa ? dalam rangka penyelesaian penulisan laporan.
Dalam penyusunan Laporan Kerja Mandiri ini mungkin masih banyak kekurangan baik dari segi isi maupun teknik penyajian laporan, untuk itu kepada para pembaca untuk sudi memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun demi sempurnanya penyusunan laporan ini dimasa mendatang.
Akhir kata semoga laporan Kerja Mandiri (LKM) ini berguna bagi penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya dan juga kemajuan ilmu pengetahuan khususnya ilmu ekonomi. Amin
Wassalamu’alaikum. Wr Wb.
Ponorogo, ?
?
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Pada awal tahun 2011 ini perekonomian indonesia sedang dalam kondisi kurang menentu, serta mengalami kemerosotan dikarenakan melambung tingginya kebutuhan pangan.
Masalah ekonomi semakin menghimpit mereka membuat tekanan yang besar dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Krisis ekonomi yang saat ini masih terjadi belum ada solusinya, kebijakan pemerintah untuk pemulihan ekonomi juga belum bisa memulihkan. Selain itu inflasi juga terus terjadi pada perekonomian diindonesia, dan kenyataan banyak orang-orang terdidik di negeri ini tidak memiliki pekerjaan tetap, bertambahnya pengangguran juga memberikan dampak kurangnya kesejahteraan penduduk Indonesia.
Hal ini secara langsung akan memberikan dampak nyata bagi dunia usaha indonesia umumnya khususnya ponorogo dimana persaingan bisnis masih selalu ada, terutama pada pengusaha dan pembuat produk dituntut untuk lebih kreatif agar usaha yang dijalankan tetap bisa lancar ditengah kondisi perekonomian Indonesia yang tidak menentu disaat sekarang ini.
Pada prinsipnya setiap pengusaha ingin sukses dan berkembang. Maka dari itu perusahaan harus menetapkan suatu cara yang tepat, sistematis dan dapat dipertanggung jawabkan, di dalam dunia usaha memang sangat penting dan perlu memperkirakan hal-hal yang terjadi dimasa depan sebagaimana syarat mengambil keputusan guna menjalankan usaha dengan baik.
1.2. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah, penulis dapat merumuskan permasalahan sebagai berikut :
a. Sejauhmana pentingnya materi bidang pengembangan usaha ?
b. Bagaimana pengaruh pengembangan usaha bagi kelangsungan perekonomian?
c. Apa yang akan diperoleh pengusaha dalam pengembangan usaha setelah ada pembaharuan tentang pemasaran dan kesejahteraan karyawan?
1.3. TUJUAN PENELITIAN
a. Untuk mengetahui sejauhmana pentingnya pengembangan produktifitas usaha untuk meningkatkan hasil prodiksi dalam mengembangakan usaha.
b. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengembangan produk, terhadap peningkatan ekonomi dan peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
c. Untuk mengetahui bagaimana pengusaha meningkatkan sektor perekonomian dalam memasarkan produk agar menjangkau pasar global dengan tetap memertimbangkan penghasilan masyarakat.
1.4. MANFAAT PENELITIAN
a. Teoritis.
1. Sebagai sumbangan penulis untuk memerkaya dalam khasanah ilmu pengetahuan khusunya dalam bidang usaha.
2. Sebagai langkah awal penelitian selanjutnya.
b. Praktis.
1. Dapat memertimbangkan produktifitas usaha sehingga bisa mengantisipasi dengan perkembangan ekonomi yang lebih baik.
2. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dan super visi dalam memerbaiki dan meningkatkan efisiensi dan kreativitas sebuah perusahaan.
3. Untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam bidang penelitian.
1.5. Analisis Masalah
Di dalam dunia usaha mebeler perlu adanya suatu langkah-langkah yang kreatif agar tetap bisa bertahan menjalankan usaha walaupun pesaingnya masih ada, perlu adanya langkah-langkah pemasaran yang tepat, seperti halnya UD.“?” yang menyediakan aneka macam-macam kebutuhan mebeler misalnya almari, pintu, jendela, bufet, ranjang tidur dan masih banyak lagi lainnya.
Bagi usaha mebeler pasti ingin produknya cepat laku, dan memproduksi barang baru lagi, maka dari itu pengusaha harus bisa mempengaruhi konsumennya untuk membeli produknya. Dengan begitu lama-kelamaan pasti kenal dengan tempat dimana produk itu dibuat, akhirnya pasti banyak konsumen yang tahu dengan tempat pembuat produk yang menyediakan aneka macam-macam kebutuhan mebeler yaitu UD.“?”.
BAB II
IDENTIFIKASI MASALAH
2.1. Sejarah singkat UD.“?”
UD.“?” berdiri tahun 1998 yang didirikan oleh ? yang berlokasi di ?.
Sekitar tahun - UD.“?” merupakan mebel kecil yang hanya menyediakan beberapa produk saja, untuk pembelian bahan baku kami masih membeli sedikit kepada pengepul, hal ini disebabkan karena kurangnya modal untuk pembelian bahan baku.
Dengan semangat dan kemauan untuk menawarkan hasil produk kami akhirnya setiap tahunnya usaha yang kami jalankan mengalami kemajuan dan perkembangan.
Pada awal tahun 2001 kami menambah 2 orang pekerja guna membantu kelancaran dan kemajuan usaha kami agar lebih berkembang dari tahun sebelumnya, dengan bertambahnya 2 orang pekerja sangat banyak membantu untuk proses produksi yang cepat dan tepat waktu. Pada tahun inilah kita mulai bisa merasakan bahwa usaha yang kami rintis sudah mengalami kemajuan.
Akhirnya tahun 2004 kami menambah 2 orang pekerja dikarenakan banyaknya permintaan yang harus diseleseikan pada tahun itu, hingga saat ini jumlah pekerja kami ada 4 orang. Jumlah pelanggan kami pun setiap bulan semakin bertambah sampai saat ini.
Perkembangan UD.“?” yang menyediakan macam-macam kebutuhan mebeler semakin lama semakin meningkat meskipun banyak mengalami kendala-kendala, hal ini ditandai dengan pesatnya permintaan konsumen akan kebutuhan mebeler.
Adapun produksi yang dijual di UD.“?” antara lain;
1. Almari Pintu 2 Jati
2. Almari Pintu 2 Akasia
3. Almari Pintu 3 Jati
4. Almari Pintu 3 Jati
5. Meja Belajar
6. Meja Kantor
7. Pintu
8. Jendela
9. Angin-angin
10. dan lain-lainnya
2.2. Sumber Daya Manusia
UD.“?” dalam menjalankan pemasaranya menggunakan sumber daya manusia agar dapat memperlancar usahanya dengan baik, maka bagi UD.“?” struktur organisasi sangatlah penting, karena dapat mempengaruhi efisiensi kerja yang ingin dicapai seorang pengusaha.
Adapun struktur organisasi yang digunakan pada UD.“?” adalah sruktur organisasi yang sangat simpel dan mudah dipahami, untuk lebih jelasnya digambarkan struktur organisasi dari UD.“?.”
Gambar 2.1
STRUKTUR ORGANISASI UD. “?”
?
Adapun masing-masing personalia berdasarkan struktur organisasi di atas adalah sebagai berikut:
1. Pimpinan Usaha
2. Pengelola
3. Keuangan
4. Karyawan
Adapun masing-masing personalia berdasarkan struktur organisasi di atas sebagai berikut:
1. Pimpinan Usaha
a. Mengepalai segala aktivitas yang ada di perusahaan termasuk di dalamnya melakukan tugas perencanaan, pengorganisasian dan pengontrolan.
b. Memimpin dan mengkoordinasikan seluruh bagian yang ada di dalam perusahaan
2. Pengelola Usaha
a. Bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan dan kelangsungan hidup perusahaan
b. Memberi masukan dan saran kepada pemilik usaha dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sabagai pengelola perusahaan
3. Keuangan
a. Membuat laporan mingguan, bulanan serta tahunan
b. Mengatur keluar masuknya uang selama produksi berlangsung serta mengatur gaji karyawan
4. Karyawan
a. Melaksanakan tugas sesuai dengan bidang masing-masing
b. Bertanggung jawab penuh kepada pimpinan di atasnya
Gambar 2.2
NAMA-NAMA KARYAWAN DAN JABATAN
UD.“?”
No
Nama
Jabatan
Pendidikan
1
-Pimpinan Usaha

2
-
Pengelola Usaha

3
-
Keuangan

4
-
Karyawan

5
-
Karyawan

6
-
Karyawan

7
-
Karyawan

2.3.Sarana dan Prasarana
UD. ?, meskipun tempatnya agak jauh dari jalan raya tetapi suasana jalannya tetap ramai karena sudah banyak dikenal masyarakat Ponorogo khususnya dan umumnya masyarakat luar Ponorogo kalau daerahnya ada macam-macam home industri mebeler, hal itulah yang manyebabkan semakin berkembang.
Untuk memudahkan kegiatan proses produksi dan pengiriman barang UD. “?” memiliki fasilitas antara lain :
1) 1 unit mobil angkutan barang
2) 1 buah Tatah mesin dan 8 buah tatah manual
3) 6 buah Pasah Mesin dan 6 buah pasah manual
4) 4 buah bor listrik beserta macam-macam pisaunya
5) 5 shet kabel listrik
6) 2 buah rak
7) 3 buah kalkulator
8) 2 shet pensil kayu
9) 4 buah patar
10) dan masih banyak lainnya
BAB III
PROGRAM DAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN
3.1. Program
Sebagai pengusaha yang menyediakan macam-macam kebutuhan mebeler, perlu memiliki pengetahuan ketrampilan.
Adapun beberapa pengetahuan yang harus dimiliki pengusaha adalah sebagai berikut:
1. Pengetahuan tentang barang hasil produksinya
2. Pengetahuan tentang kebutuhan dan kondisi pasar
3. Pengetahuan tentang selera konsumen
4. Pengetahuan tentang kondisi perusahaan
Sedangkan jenis ketrampilan yang harus dimiliki pengusaha maupun karyawan adalah sebagai berikut :
1. Keterampilan mengelola perusahaan
2. Keterampilan untuk berkomunikasi atau bernegosiasi dengan konsumen
Pengetahuan dan penguasaan terhadap dua hal tersebut menunjang keberhasilan bentuk peningkatan usaha dengan penerapan bauran pemasaran yang baik.
3.2. Langkah-langkah pelaksanaan
Untuk melaksanakan program tersebut UD.“?” melakukan empat langkah bauran pemasaran secara bertahap. Adapun pelaksaan program oleh UD.“?” adalah sebagai berikut :
1. Penambahan Kwalitas Jenis Barang
Untuk menjaga kwalitas barang agar tetap diminati masyarakat kita harus bisa memenuhi kebutuhan mereka yaitu dengan cara mencari bahan-bahan baku yang berkualitas sehingga masyarakat yakin bahwa barang yang kita sediakan mempunyai daya tarik dan kwalitas yang baik.
2. Penetapan Harga Yang Kompetitif
Penetapan harga yang tepat itu adalah hal yang penting karena dengan harga kita dapat menarik minat konsumen untuk membeli di tempat kita. Dalam penentuan harga memang harus jeli, sebelumnya harus melakukan survei dengan pesaing-pesaing yang ada.
3. Pemilihan Saluran Distribusi Yang Tepat
Pemilihan saluran disribusi yang tepat dimaksudkan agar barang yang kita jual benar-benar baik dan mengikuti selera pasar. Artinya dalam hal ini UD.“?” perlu memilih model-model dan bentuk barang yang sekarang dimanati oleh konsumen, agar konsumen jadi lebih mengerti.
4. Pemilihan Sarana Iklan atau Promosi Yang Tepat
Iklan atau promosi merupakan sarana pengkomunikasian antara penjual dan pembeli yaitu penjual dapat menginformasikan barang yang dijual, dan ditawarkan sedangkan pembeli dapat informasi tentang barang yang ditawarkan.
Cara yang dilakukan oleh UD.“?” salah satunya adalah memberikan harga yang relatif rendah di antara para pesaing-pesaingnya dengan begitu konsumen menjadi lebih senang untuk membeli hasil produk yang kami sediakan.
3.3. Hasil-hasil
1. Pemilihan Kwalitas Barang
Guna merealisasikan rencana ini UD.“?” melakukan pemilihan bahan baku yang kwalitasnya baik dengan harapan barang diproduksi memiliki kwalitas yang baik pula sehingga nantinya bisa memberikan kepuasan bagi konsumen, dan pada akhirnya mereka selalu ingin membeli aneka macam-macam kebutuhan mebeler di UD.“?”.
2. Penetapan Harga Yang Kompetitif
Sistem penetapan harga selama ini sudah berjalan baik, penetapan harga yang ditetapkan cukup realistis, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya konsumen dari kalangan ekonomi menengah ke bawah khususnya dan umumnya kalangan ekonomi tingkat atas.
3. Pemilihan Saluran Distribusi Yang Tepat
Pemilihan saluran distribusi yang tepat saat ini harus kita upayakan dengan cara melakukan pembelian bahan baku yang berkwalitas baik dan mengikuti harga pasar.
4. Pemilihan Sarana Iklan Atau Promosi
Pemilihan sarana iklan atau promosi yang tepat yang sudah berjalan dengan baik, adalah salah satu cara untuk mendongkrak omset penjualan pada UD.“?”, hal ini terbukti semakin banyaknya konsumen atau pelanggan yang ingin membeli aneka macam-macam kebutuhan mebeler di UD.“?”.
3.4. Evaluasi
3.4.1 Pemilik dan pengelola harus bekerja ekstra dan lebih selektif dalam hal pemilihan bahan baku yang berkwalitas agar nantinya kalau sudah menjadi produk jadi dapat diterima konsumen. Berdasarkan masalah ini maka pemilik dituntut lebih jeli dalam hal pemilihan bahan baku agar produknya memilki mutu yang baik.
3.4.2 Kenaikan harga barang kebutuhan masyarakat naik dikarenakan kebutuhan yang lain juga naik, maka mengikuti kenaikan harga yang lain juga, konsumen cenderung mengeluh jika harga tidak dinaikkan, keadaan ini juga sangat dikeluhkan oleh pejual maupun pembeli, maka daripada itu perlu ditetapkan harga kompetitif.
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
UD.“?” yang menyediakan aneka macam-macam kebutuhan mebeler adalah salah satu usaha dagang di Ponorogo yang terlengkap dalam menjual barang-barang mebeler kebutuhan masyarakat, usaha dagang ini juga mampu bertahan dengan ketatnya persaingan bisnis mebeler yang selalu ada dalam dunia usaha.
Pemasaran untuk lebih meningkatkan usaha dagang ini memang harus teliti, telaten dan harus lebih selektif dalam pembelian bahan baku yang baik nantinya bisa mengetahui suatu kwalitas barang itu bagaimana, adanya kenaikan harga kebutuhan masyarakat membuat pemilik UD.“?” berfikir dulu untuk menentukan harga yang kompetitif supaya pelanggan atau konsumen masih tetap setia membeli aneka macam-macam kebutuhan mebeler di UD.“?”.
Promosi yang tepat cukup membuat omset usaha yang kita kelola bisa meningkat dan nantinya pasti akan memberikan keuntungan juga pada UD. “?” yang lama kelamaan pasti akan berkembang.
Pada dasarnya UD.“?” yang menyediakan aneka macam-macam kebutuhan mebeler ini berusaha ingin memberikan sesuatu yang terbaik bagi para pelanggan atau konsumen serta memberikan kepuasan pada konsumen dalam melayani aneka macam-macam kebutuhannya dan agar konsumen selalu setia untuk membeli aneka kebutuhannya di UD.“?”.
4. 2. Saran
1) Suatu hasil yang telah didapatkan oleh UD.“?” memang harus bisa terus dipertahankan atau bisa lebih dikembangkan terus dan mungkin bisa memperbanyak jumlah pelanggan.
2) Seharusnya pemasaran untuk lebih meningkatkan usaha UD.“?” ini mesti ditingkatkan lagi supaya bisa terus mengembangkan dan memajukan usaha tersebut.
3) Meningkatkan fasilitas-fasilitas yang nantinya mendukung kemajuan dan juga untuk lebih meningkatkan pendapatan dan menggait konsumen-konsumen yang baru.

0 comments:

Post a Comment

sangat berterimakasih jika anda mau berkomentar dengan sopan

BERLANGGANAN ARTIKEL

masukkan email anda:

gallery anu

GALLERY ANU

galerry anu

COBA INI

Popular Posts

 

laen laen

>>>
<<<
[Pasang Widget] | [tutup]

Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

Add to Google Reader or Homepage