(logo)
UPAYA UNTUK MENGEMBANGKAN USAHA
PADA "?”
LAPORAN KERJA MANDIRI
(LKM)
Oleh:
?
?
FAKULTAS ?
-
2011
KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim.
Dengan
mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, yang telah
melimpahkan segala rahmat, inayah serta hidayah-Nya, sehingga atas
ridho-Nya dan segala kemampuan serta kesungguhan hati, maka
terselesaikanlah penyusunan Laporan Kerja Mandiri ini dengan judul “
Upaya Untuk Mengembangkan Usaha Pada UD. “ ? ” Ponorogo.
Adapun
maksud dari penyusunan Laporan Kerja Mandiri ini merupakan tugas yang
harus diselesaikan oleh mahasiswa ? dalam rangka penyelesaian penulisan
laporan.
Dalam
penyusunan Laporan Kerja Mandiri ini mungkin masih banyak kekurangan
baik dari segi isi maupun teknik penyajian laporan, untuk itu kepada
para pembaca untuk sudi memberikan kritik dan saran yang bersifat
membangun demi sempurnanya penyusunan laporan ini dimasa mendatang.
Akhir
kata semoga laporan Kerja Mandiri (LKM) ini berguna bagi penulis pada
khususnya dan pembaca pada umumnya dan juga kemajuan ilmu pengetahuan
khususnya ilmu ekonomi. Amin
Wassalamu’alaikum. Wr Wb.
Ponorogo, ?
?
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Pada
awal tahun 2011 ini perekonomian indonesia sedang dalam kondisi kurang
menentu, serta mengalami kemerosotan dikarenakan melambung tingginya
kebutuhan pangan.
Masalah
ekonomi semakin menghimpit mereka membuat tekanan yang besar dalam
memenuhi kebutuhan sehari-hari. Krisis ekonomi yang saat ini masih
terjadi belum ada solusinya, kebijakan pemerintah untuk pemulihan
ekonomi juga belum bisa memulihkan. Selain itu inflasi juga terus
terjadi pada perekonomian diindonesia, dan kenyataan banyak orang-orang
terdidik di negeri ini tidak memiliki pekerjaan tetap, bertambahnya
pengangguran juga memberikan dampak kurangnya kesejahteraan penduduk
Indonesia.
Hal
ini secara langsung akan memberikan dampak nyata bagi dunia usaha
indonesia umumnya khususnya ponorogo dimana persaingan bisnis masih
selalu ada, terutama pada pengusaha dan pembuat produk dituntut untuk lebih kreatif agar usaha yang dijalankan tetap bisa lancar ditengah kondisi perekonomian Indonesia yang tidak menentu disaat sekarang ini.
Pada
prinsipnya setiap pengusaha ingin sukses dan berkembang. Maka dari itu
perusahaan harus menetapkan suatu cara yang tepat, sistematis dan dapat
dipertanggung jawabkan, di dalam dunia usaha memang sangat penting dan
perlu memperkirakan hal-hal yang terjadi dimasa depan sebagaimana syarat
mengambil keputusan guna menjalankan usaha dengan baik.
1.2. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah, penulis dapat merumuskan permasalahan sebagai berikut :
a. Sejauhmana pentingnya materi bidang pengembangan usaha ?
b. Bagaimana pengaruh pengembangan usaha bagi kelangsungan perekonomian?
c. Apa yang akan diperoleh pengusaha dalam pengembangan usaha setelah ada pembaharuan tentang pemasaran dan kesejahteraan karyawan?
1.3. TUJUAN PENELITIAN
a. Untuk mengetahui sejauhmana pentingnya pengembangan produktifitas usaha untuk meningkatkan hasil prodiksi dalam mengembangakan usaha.
b. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengembangan produk, terhadap peningkatan ekonomi dan peluang lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
c. Untuk mengetahui bagaimana pengusaha
meningkatkan sektor perekonomian dalam memasarkan produk agar
menjangkau pasar global dengan tetap memertimbangkan penghasilan
masyarakat.
1.4. MANFAAT PENELITIAN
a. Teoritis.
1. Sebagai sumbangan penulis untuk memerkaya dalam khasanah ilmu pengetahuan khusunya dalam bidang usaha.
2. Sebagai langkah awal penelitian selanjutnya.
b. Praktis.
1. Dapat memertimbangkan produktifitas usaha sehingga bisa mengantisipasi dengan perkembangan ekonomi yang lebih baik.
2. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dan super visi dalam memerbaiki dan meningkatkan efisiensi dan kreativitas sebuah perusahaan.
3. Untuk menambah wawasan dan keterampilan dalam bidang penelitian.
1.5. Analisis Masalah
Di
dalam dunia usaha mebeler perlu adanya suatu langkah-langkah yang
kreatif agar tetap bisa bertahan menjalankan usaha walaupun pesaingnya
masih ada, perlu adanya langkah-langkah pemasaran yang tepat, seperti
halnya UD.“?” yang menyediakan aneka macam-macam kebutuhan mebeler
misalnya almari, pintu, jendela, bufet, ranjang tidur dan masih banyak
lagi lainnya.
Bagi
usaha mebeler pasti ingin produknya cepat laku, dan memproduksi barang
baru lagi, maka dari itu pengusaha harus bisa mempengaruhi konsumennya
untuk membeli produknya. Dengan begitu lama-kelamaan pasti kenal dengan
tempat dimana produk itu dibuat, akhirnya pasti banyak konsumen yang
tahu dengan tempat pembuat produk yang menyediakan aneka macam-macam
kebutuhan mebeler yaitu UD.“?”.
BAB II
IDENTIFIKASI MASALAH
2.1. Sejarah singkat UD.“?”
UD.“?” berdiri tahun 1998 yang didirikan oleh ? yang berlokasi di ?.
Sekitar
tahun - UD.“?” merupakan mebel kecil yang hanya menyediakan beberapa
produk saja, untuk pembelian bahan baku kami masih membeli sedikit
kepada pengepul, hal ini disebabkan karena kurangnya modal untuk
pembelian bahan baku.
Dengan
semangat dan kemauan untuk menawarkan hasil produk kami akhirnya setiap
tahunnya usaha yang kami jalankan mengalami kemajuan dan perkembangan.
Pada
awal tahun 2001 kami menambah 2 orang pekerja guna membantu kelancaran
dan kemajuan usaha kami agar lebih berkembang dari tahun sebelumnya,
dengan bertambahnya 2 orang pekerja sangat banyak membantu untuk proses
produksi yang cepat dan tepat waktu. Pada tahun inilah kita mulai bisa
merasakan bahwa usaha yang kami rintis sudah mengalami kemajuan.
Akhirnya
tahun 2004 kami menambah 2 orang pekerja dikarenakan banyaknya
permintaan yang harus diseleseikan pada tahun itu, hingga saat ini
jumlah pekerja kami ada 4 orang. Jumlah pelanggan kami pun setiap bulan
semakin bertambah sampai saat ini.
Perkembangan
UD.“?” yang menyediakan macam-macam kebutuhan mebeler semakin lama
semakin meningkat meskipun banyak mengalami kendala-kendala, hal ini
ditandai dengan pesatnya permintaan konsumen akan kebutuhan mebeler.
Adapun produksi yang dijual di UD.“?” antara lain;
1. Almari Pintu 2 Jati
2. Almari Pintu 2 Akasia
3. Almari Pintu 3 Jati
4. Almari Pintu 3 Jati
5. Meja Belajar
6. Meja Kantor
7. Pintu
8. Jendela
9. Angin-angin
10. dan lain-lainnya
2.2. Sumber Daya Manusia
UD.“?”
dalam menjalankan pemasaranya menggunakan sumber daya manusia agar
dapat memperlancar usahanya dengan baik, maka bagi UD.“?” struktur
organisasi sangatlah penting, karena dapat mempengaruhi efisiensi kerja
yang ingin dicapai seorang pengusaha.
Adapun
struktur organisasi yang digunakan pada UD.“?” adalah sruktur
organisasi yang sangat simpel dan mudah dipahami, untuk lebih jelasnya digambarkan struktur organisasi dari UD.“?.”
Gambar 2.1
STRUKTUR ORGANISASI UD. “?”
?
Adapun masing-masing personalia berdasarkan struktur organisasi di atas adalah sebagai berikut:
1. Pimpinan Usaha
2. Pengelola
3. Keuangan
4. Karyawan
Adapun masing-masing personalia berdasarkan struktur organisasi di atas sebagai berikut:
1. Pimpinan Usaha
a. Mengepalai
segala aktivitas yang ada di perusahaan termasuk di dalamnya melakukan
tugas perencanaan, pengorganisasian dan pengontrolan.
b. Memimpin dan mengkoordinasikan seluruh bagian yang ada di dalam perusahaan
2. Pengelola Usaha
a. Bertanggung jawab penuh atas pelaksanaan dan kelangsungan hidup perusahaan
b. Memberi masukan dan saran kepada pemilik usaha dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sabagai pengelola perusahaan
3. Keuangan
a. Membuat laporan mingguan, bulanan serta tahunan
b. Mengatur keluar masuknya uang selama produksi berlangsung serta mengatur gaji karyawan
4. Karyawan
a. Melaksanakan tugas sesuai dengan bidang masing-masing
b. Bertanggung jawab penuh kepada pimpinan di atasnya
Gambar 2.2
NAMA-NAMA KARYAWAN DAN JABATAN
UD.“?”
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Pendidikan
|
1
|
-Pimpinan Usaha
| ||
2
|
-
|
Pengelola Usaha
| |
3
|
-
|
Keuangan
| |
4
|
-
|
Karyawan
| |
5
|
-
|
Karyawan
| |
6
|
-
|
Karyawan
| |
7
|
-
|
Karyawan
|
2.3.Sarana dan Prasarana
UD.
?, meskipun tempatnya agak jauh dari jalan raya tetapi suasana jalannya
tetap ramai karena sudah banyak dikenal masyarakat Ponorogo khususnya
dan umumnya masyarakat luar Ponorogo kalau daerahnya ada macam-macam
home industri mebeler, hal itulah yang manyebabkan semakin berkembang.
Untuk memudahkan kegiatan proses produksi dan pengiriman barang UD. “?” memiliki fasilitas antara lain :
1) 1 unit mobil angkutan barang
2) 1 buah Tatah mesin dan 8 buah tatah manual
3) 6 buah Pasah Mesin dan 6 buah pasah manual
4) 4 buah bor listrik beserta macam-macam pisaunya
5) 5 shet kabel listrik
6) 2 buah rak
7) 3 buah kalkulator
8) 2 shet pensil kayu
9) 4 buah patar
10) dan masih banyak lainnya
BAB III
PROGRAM DAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN
3.1. Program
Sebagai pengusaha yang menyediakan macam-macam kebutuhan mebeler, perlu memiliki pengetahuan ketrampilan.
Adapun beberapa pengetahuan yang harus dimiliki pengusaha adalah sebagai berikut:
1. Pengetahuan tentang barang hasil produksinya
2. Pengetahuan tentang kebutuhan dan kondisi pasar
3. Pengetahuan tentang selera konsumen
4. Pengetahuan tentang kondisi perusahaan
Sedangkan jenis ketrampilan yang harus dimiliki pengusaha maupun karyawan adalah sebagai berikut :
1. Keterampilan mengelola perusahaan
2. Keterampilan untuk berkomunikasi atau bernegosiasi dengan konsumen
Pengetahuan
dan penguasaan terhadap dua hal tersebut menunjang keberhasilan bentuk
peningkatan usaha dengan penerapan bauran pemasaran yang baik.
3.2. Langkah-langkah pelaksanaan
Untuk
melaksanakan program tersebut UD.“?” melakukan empat langkah bauran
pemasaran secara bertahap. Adapun pelaksaan program oleh UD.“?” adalah
sebagai berikut :
1. Penambahan Kwalitas Jenis Barang
Untuk menjaga kwalitas barang agar
tetap diminati masyarakat kita harus bisa memenuhi kebutuhan mereka
yaitu dengan cara mencari bahan-bahan baku yang berkualitas sehingga
masyarakat yakin bahwa barang yang kita sediakan mempunyai daya tarik
dan kwalitas yang baik.
2. Penetapan Harga Yang Kompetitif
Penetapan
harga yang tepat itu adalah hal yang penting karena dengan harga kita
dapat menarik minat konsumen untuk membeli di tempat kita. Dalam
penentuan harga memang harus jeli, sebelumnya harus melakukan survei dengan pesaing-pesaing yang ada.
3. Pemilihan Saluran Distribusi Yang Tepat
Pemilihan
saluran disribusi yang tepat dimaksudkan agar barang yang kita jual
benar-benar baik dan mengikuti selera pasar. Artinya dalam hal ini
UD.“?” perlu memilih model-model dan bentuk barang yang sekarang
dimanati oleh konsumen, agar konsumen jadi lebih mengerti.
4. Pemilihan Sarana Iklan atau Promosi Yang Tepat
Iklan
atau promosi merupakan sarana pengkomunikasian antara penjual dan
pembeli yaitu penjual dapat menginformasikan barang yang dijual, dan
ditawarkan sedangkan pembeli dapat informasi tentang barang yang ditawarkan.
Cara
yang dilakukan oleh UD.“?” salah satunya adalah memberikan harga yang
relatif rendah di antara para pesaing-pesaingnya dengan begitu konsumen
menjadi lebih senang untuk membeli hasil produk yang kami sediakan.
3.3. Hasil-hasil
1. Pemilihan Kwalitas Barang
Guna merealisasikan rencana ini UD.“?” melakukan pemilihan bahan baku yang kwalitasnya baik
dengan harapan barang diproduksi memiliki kwalitas yang baik pula
sehingga nantinya bisa memberikan kepuasan bagi konsumen, dan pada
akhirnya mereka selalu ingin membeli aneka macam-macam kebutuhan mebeler di UD.“?”.
2. Penetapan Harga Yang Kompetitif
Sistem
penetapan harga selama ini sudah berjalan baik, penetapan harga yang
ditetapkan cukup realistis, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya
konsumen dari kalangan ekonomi menengah ke bawah khususnya dan umumnya
kalangan ekonomi tingkat atas.
3. Pemilihan Saluran Distribusi Yang Tepat
Pemilihan
saluran distribusi yang tepat saat ini harus kita upayakan dengan cara
melakukan pembelian bahan baku yang berkwalitas baik dan mengikuti harga
pasar.
4. Pemilihan Sarana Iklan Atau Promosi
Pemilihan sarana iklan atau promosi yang tepat yang sudah berjalan dengan baik,
adalah salah satu cara untuk mendongkrak omset penjualan pada UD.“?”,
hal ini terbukti semakin banyaknya konsumen atau pelanggan yang ingin
membeli aneka macam-macam kebutuhan mebeler di UD.“?”.
3.4. Evaluasi
3.4.1 Pemilik
dan pengelola harus bekerja ekstra dan lebih selektif dalam hal
pemilihan bahan baku yang berkwalitas agar nantinya kalau sudah menjadi
produk jadi dapat diterima konsumen. Berdasarkan masalah ini maka
pemilik dituntut lebih jeli dalam hal pemilihan bahan baku agar
produknya memilki mutu yang baik.
3.4.2 Kenaikan
harga barang kebutuhan masyarakat naik dikarenakan kebutuhan yang lain
juga naik, maka mengikuti kenaikan harga yang lain juga, konsumen
cenderung mengeluh jika harga tidak dinaikkan, keadaan ini juga sangat
dikeluhkan oleh pejual maupun pembeli, maka daripada itu perlu
ditetapkan harga kompetitif.
BAB IV
PENUTUP
4.1. Kesimpulan
UD.“?”
yang menyediakan aneka macam-macam kebutuhan mebeler adalah salah satu
usaha dagang di Ponorogo yang terlengkap dalam menjual barang-barang
mebeler kebutuhan masyarakat, usaha dagang ini juga mampu bertahan
dengan ketatnya persaingan bisnis mebeler yang selalu ada dalam dunia
usaha.
Pemasaran
untuk lebih meningkatkan usaha dagang ini memang harus teliti, telaten
dan harus lebih selektif dalam pembelian bahan baku yang baik nantinya
bisa mengetahui suatu kwalitas barang itu bagaimana, adanya kenaikan
harga kebutuhan masyarakat membuat pemilik UD.“?” berfikir dulu untuk
menentukan harga yang kompetitif supaya pelanggan atau konsumen masih
tetap setia membeli aneka macam-macam kebutuhan mebeler di UD.“?”.
Promosi
yang tepat cukup membuat omset usaha yang kita kelola bisa meningkat
dan nantinya pasti akan memberikan keuntungan juga pada UD. “?” yang
lama kelamaan pasti akan berkembang.
Pada
dasarnya UD.“?” yang menyediakan aneka macam-macam kebutuhan mebeler
ini berusaha ingin memberikan sesuatu yang terbaik bagi para pelanggan
atau konsumen serta memberikan kepuasan pada konsumen dalam melayani
aneka macam-macam kebutuhannya dan agar konsumen selalu setia untuk
membeli aneka kebutuhannya di UD.“?”.
4. 2. Saran
1) Suatu
hasil yang telah didapatkan oleh UD.“?” memang harus bisa terus
dipertahankan atau bisa lebih dikembangkan terus dan mungkin bisa
memperbanyak jumlah pelanggan.
2) Seharusnya
pemasaran untuk lebih meningkatkan usaha UD.“?” ini mesti ditingkatkan
lagi supaya bisa terus mengembangkan dan memajukan usaha tersebut.
3) Meningkatkan
fasilitas-fasilitas yang nantinya mendukung kemajuan dan juga untuk
lebih meningkatkan pendapatan dan menggait konsumen-konsumen yang baru.


0 comments:
Post a Comment
sangat berterimakasih jika anda mau berkomentar dengan sopan